18 October 2015

Ternyata, Bis Buatan Morodadi Itu Kacanya...

Setiap karoseri pastinya memiliki spesifikasi sendiri dalam membangun sebuah rumah rumah di atas chasis. Baik dalam hal bahan material, desain, atau fungsi dari suatu bagian tertentu.
Seperti halnya pemasangan kaca samping body bis, pada umumnya jumlah kaca yg menempel berjumlah lima atau enam buah di setiap sisi sampingnya, tergantung dari nama karoseri yg merancang bangunan yg bertumpu pada enam roda atau lebih itu.
Adiputro dan Tentrem biasanya mengadopsi lima buah kaca, sedang karoseri lain mempunyai jumlah kaca satu buah lebih banyak dari kedua builder dari Kota Apel itu.
Namun, ternyata hal ini tidak mengikat bagi karoseri Morodadi Prima. Bis bis karya karoseri yg jua berpondasi di Malang ini tak selalu memiliki jumlah kaca yg sama, ada yg berjumlah lima, ada pula yg berjumlah enam.
Awalnya saya hanya berpikir bahwa ini adalah suatu opsional dari pihak karoseri, sehingga konsumen lah yg menentukan berapa jumlah kaca yg dikehendaki untuk disenjatakan pada sisi sisi bis yg dipesannya, namun setelah menemukan gambar dari satu PO yg ternyata dari dua armadanya berkaca samping dengan jumlah selisih satu, maka argumen awal saya jadi melemah.

Jumlah Kaca Samping 6 Unit
Jumlah Kaca Samping 5 Unit
Begitu saya lihat gambarnya lebih detail, ternyata memang tersimpan alasan mengapa Morodadi tidak mematenkan berapa banyak kaca yg dipasang di body body buatannya.
Menurut opini pribadi, ukuran panjang chasis lah yg menjadi pasal sehingga Morodadi membedakan jumlah kacanya. Mungkin chasis pendek cukup dengan lima buah kaca, namun untuk chasis yg lebih panjang, jikalau pembagian kacanya disamakan lima buah, maka ukuran per kacannya otomatis akan lebih panjang juga, sehingga mungkin dirasa kurang kokoh. Perlu diingat bahwa dengan bertambahnya satu buah kaca maka bertambah pula satu pilar sebagai dudukannya sekaligus merangkap menjadi tiang penghubung antara dinding samping dan atap body. Dengan demikian, kekokohan body sedikit atau banyak juga bertambah.

Jumlah Kaca 6 Overhang Depan Lebih Panjang

Jumlah Kaca 5 Overhang Depan Lebih Pendek
Nah, rupanya perbedaan jumlah kaca pada bis buatan Morodadi juga berpengaruh pada bagian lainnya lho, meskipun ini hanya khusus untuk body New Travego dan Ventura.
Jika diperhatikan, body New Travego ala MP itu berbeda dengan buatan karoseri pada umumnya, perbedaannya terletak pada 'panggul' atas samping yg menjadi ciri khas dari body New Travego itu sendiri.
Garis bawah 'panggul' New Travego Morodadi ternyata dibuat segaris mengikuti pilar kaca, sedang untuk karoseri lain yg menjadi acuan peletakannya adalah as (tengah) body bis.
Sehingga body Morodadi yg berjumlah kaca lima buah, garis bawah 'panggulnya' tepat di atas kaca nomor tiga dari depan, dengan terusan ke belakang yg berakhir sejajar kaca nomor empat, sedang akhir dari terusan ke depannya segaris dengan kaca nomor dua.
Sedangkan untuk yg mengusung kaca berjumlah enam buah, garis bawah 'panggulnya' terletak di atas kaca nomor empat. Dengan terusan ke belakang hingga sejajar dengan akhir kaca nomor lima, dan terusan ke depannya sama sama berakhir segaris dengan kaca nomor dua. Sehingga bis dengan kaca enam buah ini 'panggul' bagian depannya terlihat lebih panjang dan lebih runcing.

Panggul Travego Terlihat Lebih Pendek



Panggul Travego Terlihat Lebih Panjang dan Lancip di Bagian Depan

No comments:

Post a Comment